Blogger Widgets
..:: Galau?! Hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenang ::..

Kamis, 23 Februari 2017

Pesan Ikhlas, Perbaiki Niat, dari Dosen Ma'had Umar

Pagi tadi sampai siang kami diberi kesempatan mengikuti orientasi mahasiswa baru Ma'had Umar bin Khattab Surabaya. Dalam kegiatan tersebut berisi pengenalan tentang ma'had, program-programnya, kegiatan, kemahasiswaan, dan sebagainya. Dari awal hingga akhir, yang seringkali disinggung adalah tujuan atau niat belajar mahasiswa apa. Perbaiki kalau masih salah. Luruskan kalau masih bengkok. 

Sampai pada sesi ta'aruf dan tasyji', setiap dosen/ustadz memperkenalkan dirinya dan pesan-pesannya kepada mahasiswa baru. Hampir setiap dosen menyarankan untuk memperbaiki tujuan awal kuliah di ma'had. Sampai akhirnya pada satu dosen di sesi tersebut mengatakan dengan tegas di tengah ucapannya, "TULIS DI JIDATMU: KE MA'HAD UMAR APA YANG KAMU CARI?". Maaf kami tulis balok agar mudah dibaca dan dipahami nadanya kira-kira bagaimana. Kalimat tersebut ditujukan agar mahasiswa tidak salah niat untuk belajar. 

Jujur kami sangat berterima kasih diingatkan seperti itu. Agar niat yang terpatri untuk belajar tidak semata-mata untuk tujuan yang semu. Harusnya menjadikan kuliah itu sebagai bentuk ibadah, begitu kira-kira pesan salah satu dosen.

Sejatinya kalimat tersebut harus digunakan di setiap keadaan yang ada di sehari-hari "TULIS DI JIDATMU: .......titik.....titik.................... APA YANG KAMU CARI?" agar apa yang kita lakukan tidak salah niat, tidak berakhir dengan sia-sia. Karena kalau niat salah maka perbuatan meskipun benar maka akan menjadi salah.. Dan perbuatan tidak bernilai bisa jadi sangat berharga hanya karena niat.. Ketahui bahwa menjaga agar niat itu lurus adalah sesuatu yang sulit. Bahkan sekelas Imam Sufyan Ats-Tsauri radhiyallahu 'anhu pernah berkata "Tidak ada yang lebih susah untuk aku obati melebihi niat. Karena ia selalu terbolak-balik." Nah, bagaimana lagi dengan kita.. Laa haula wa laa quwwata illa billah.

Semoga Allah memudahkan kita dalam mengikhlaskan niat. Semoga yang sedikit ini ada manfaatnya. Wallahu waliyyuttaufiq..

_______

Surabaya, 27 Jumadil 'Ula 1438 H/23 Februari 2017

∞∞ ENTRI TERKAIԎ

Tidak ada komentar:

Posting Komentar