Blogger Widgets
..:: Galau?! Hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenang ::..

Sabtu, 30 April 2016

Mengatasi Layar Laptop yang Terlalu Cerah dan Tidak Bisa Dikurangi Kecerahannya (Set: Gamma)

Bismillah.
Tadi malam waktu buka laptop, tiba-tiba kecerahan (brightness) laptop ane terlalu tinggi dan tidak bisa dikurangi. Ane coba dengan menekan Fn+arah kiri tapi tidak bisa juga berkurang. Brightness masih sangat tinggi dan membuat mata perih. Setelah nyari-nyari solusinya, ternyata pada masalah gammanya dan perlu dikalibrasi ulang.

Mungkin yang baca note ini juga sebelumnya agak sedikit kebingungan mencari bagaimana solusinya menurunkan kecerahan laptopnya sambil menahan mata yang mulai perih. Eh..

Baik jadi untuk mengatasinya, kita harus mengalibrasi kembali tampilannya. Caranya ialah klik Start lalu ketik "Color Management" di kotak pencarian. Setelah itu akan muncul hasil pencarian dan pilih Color Management lalu pilih tab Advanced. Lalu pilih Calibrate display seperti di gambar.


Setelah itu akan ada jendela baru untuk kalibrasi ini. Ada sedikit petunjuk bagaimana mengalibrasi tampilan. Setelah itu, klik Next (3 kali) yang ada di pojok kanan bawah lalu atur gammanya. Geser tingkat gamma hingga paling bawah (paling rendah). Disini kecerahan layar sudah terlihat menurun.
Klik Next (sekali) lalu pilih Skip brightness and contrast adjusment. Klik Next lalu atur keseimbangan warnanya. Saran saya, atur ketiga warna yang ada disitu; merah, hijau, biru seimbang (ditengah2). Lalu klik Next dan Finish.

Setelah itu, layar laptop anda kecerahannya kembali normal..

Ketintang Wiyata, akhir April 2016.

∞∞ ENTRI TERKAIԎ

1 komentar: