Blogger Widgets
..:: Galau?! Hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenang ::..

Jumat, 22 April 2016

[Terbukti] Cara Menghilangkan Noda Luntur Pakaian

Beberapa hari yang lalu, waktu selesai meniriskan pakaian, tiba-tiba pakaian saya ada noda lunturnya. Loh, padahal pakaian ini warnanya cerah, sangat jelas kelihatan noda lunturnya.

Cari solusi, setelah browsing2 di internet, ada banyak cara memang, mulai dari menggunakan air panas, jeruk nipis, cuka, dll.. :D  ada-ada saja, kenapa ga sekalian kecap, saus, sama kuah ya biar bisa makan soto atau mie ayam gitu..

Yap, kembali ke bahasan awal, sepanjang pengetahuan saya cara ini yang paling efektif, karena nantinya warna pakaian tidak akan belang. Jadi warna pakaian nanti tetap sama antara satu bagian dengan bagian lainnya. Hanya noda lunturnya yang nantinya meluruh karena air panas + deterjen ...
Berbeda jika disikat, saya pun pernah nyoba (menggunakan air panas dan belimbing), tapi hasilnya kurang bagus, karena kelihatan warna daerah yang disikat akan memudar dibanding warna daerah lain yang tidak disikat.

Baik. jadi begini caranya nih:
1. Rebus air secukupnya dalam panci hingga mendidih.
2. Beri deterjen dan biarkan larut dahulu. Kalau bisa detergennya yang agak kuat (yang standar).
3. Pakaian yang terdapat noda luntur dimasukkan ke dalam air mendidih tersebut.
4. Cukup diaduk-aduk atau diputar-putar pakaian tersebut pakai spatula hingga nodanya hilang. Bisa juga pakai tangan, tapi tangannya harus tahan panas dan kuat ya.. iya kuat.. kuatir...

Alhamdulillah, setelah kering, ga kelihatan lagi nodanya. 

Oke, saya rasa cukup dulu ya, semoga bermanfaat...


Sore hari Surabaya, sambil menanti microteaching PPP Fisika pekan depan.. Semoga sukses semuanya...
~A. Irwanuddin

∞∞ ENTRI TERKAIԎ

3 komentar: