Blogger Widgets
..:: Galau?! Hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenang ::..

Minggu, 04 Desember 2016

Sifat Magnetik Besi > Tembaga, Sifat Kelistrikan Tembaga > Besi. Why?

Besi (26Fe) memiliki sifat magnetik lebih baik dibanding tembaga (29Cu) tetapi tembaga memiliki sifat kelistrikan lebih baik dibandingkan besi. Mengapa?
Identifikasi unsur lain yang sifat kelistrikannya lebih baik. Mengapa bisa seperti itu?

==Jawab==


Besi dan tembaga merupakan unsur transisi. Setiap unsur transisi mempunyai sifat magnetik. Sifat magnetik secara garis besar dibedakan menjadi dua, yakni paramagnetik dan diamagnetik. Sifat paramagnetik ialah sifat yang dimiliki oleh unsur apabila ia tertarik oleh medan magnet, sedangkan sifat diamagnetik ialah sifat dimiliki oleh unsur apabila ia ditolak oleh medan magnet. 

Sifat paramagnetik terjadi bila di dalam atom suatu unsur terdapat elektron yang belum berpasangan. Semakin banyak elektron yang belum berpasangan, maka semakin kuat sifat paramagnetiknya. 

26Fe memiliki konfigurasi elektron: (Ar) 3d^6 4s^2
29Cu memiliki konfigurasi elektron: (Ar) 3d^10 4s^1



Terlihat pada gambar bahwa Cu memiliki pasangan elektron yang lebih banyak dibandingkan Fe. Fe pada orbital d terdapat 4 elektron yang tidak berpasangan. Itulah sebabnya sifat magnetik Fe lebih besar daripada Cu, karena elektronnya yang tidak berpasangan lebih banyak. Elektron yang tidak berpasangan ini mencari pasangannya agar bisa stabil.

Selanjutnya, sifat kelistrikan Cu lebih baik daripada Fe. Hal ini karena pada orbit terluar dari Cu, terdapat satu elektron yang tidak berpasangan, berbeda dengan Fe yang sudah berpasangan. Elektron pada Cu yang berada pada kulit terluar, karena tidak berpasangan, maka akan lebih mudah untuk keluar dari orbitnya atau lepas dari inti atom. Elektron yang lebih mudah berpindah mengisyaratkan bahwa unsur tersebut lebih mudah menghantarkan listrik. Selain itu, bisa pula dijawab dengan ditinjau keelektronegatifannya untuk melihat sifat kelistrikan atau sifat konduktivitas suatu unsur. Yakni, keelektronegatifan yang besar akan menghasilkan konduktivitas yang besar pula, dan sebaliknya.

Pada tabel periodik, pada unsur yang seperiode nilai keelektronegatifannya semakin besar apabila semakin ke kanan. Maka Cu lebih besar keelektronegatifannya dibanding Fe (29>26). Sehingga nilai konduktivitas atau daya hantar listrik yang dimiliki oleh Cu lebih besar dibandingkan Fe.

Unsur lain yang sifat kelistrikannya lebih baik adalah: perak, platina, dan emas. Ketiga unsur tersebut nilai keelektronegatifannya berturut-turut semakin besar, sehingga menghasilkan konduktivitas yang semakin besar pula. Semakin tinggi konduktivitas suatu unsur maka sifat kelistrikannya (daya hantar listrik) semakin bagus. Namun harganya ...... :D tidak sebagus sifat kelistrikanya, alias mahal.

Have been revised. 
Correct Me If I Wrong. 
Coretan untuk tugas Fisika Inti.
_____

Kota Pahlawan, 4 Desember 2016
~Awan

∞∞ ENTRI TERKAIԎ

Tidak ada komentar:

Posting Komentar