Blogger Widgets
..:: Galau?! Hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenang ::..

Jumat, 26 Juli 2019

Al-Imtihan Al-Akhir fi Ma'had Umar bin Khattab Surabaya


Alhamdulillah bini'matihi tatimmu ash-shalihat..

Sangat senang hari ini. Tadi adalah hari terakhir ujian di Ma'had Umar untuk Program D2 Bahasa Arab. Atas izin Allah setelah 2,5 tahun belajar, alhamdulillah banyak ilmu baru yang didapatkan, khususnya tentang ilmu Nahwu dan Sharaf.

Kedua ilmu ini adalah ilmu yang paling mendasar ketika seseorang ingin memahami atau mencicipi keindahan bahasa Arab. Namun keduanya harus ditunjang dengan perbendaharaan mufradat (kosakata).

Ilmu Nahwu-Sharaf atau grammar-nya bahasa Arab merupakan pola-pola umum. Akan lemah penguasaan bahasa bagi seseorang jika mengetahui pola tapi kurang dalam perbendaharaan mufradat (vocabulary).

Guru hanya memberikan kita kunci dan tidak memberikan kita seluruh ilmu. Kita harus menggunakan kunci itu, yakni pengetahuan dasar yang sudah ada, untuk membuka pintu gudang-gudang ilmu yang lebih besar. Jika kita tinggal diam maka tidak ada manfaatnya kunci tersebut.

Tugas seseorang setelah mengetahui kaidah Nahwu-Sharaf adalah belajar dan terus belajar, dengan membaca dan mendengar, sering membuka mu'jam, sehingga dengan itu pengetahuannya bertambah dan pastinya mau tidak mau mufradat-nya juga bertambah.

Sesungguhnya tujuan kita mempelajari bahasa Arab adalah untuk mempelajari agama kita, karena sumber-sumber agama kita seluruhnya berbahasa Arab. Maka hendaknya setiap muslim untuk berusaha mempelajarinya. 

Semoga bermanfaat dan menambah motivasi...

Sebuah doa sekaligus nasihat berharga dari seorang teman

Para teman sekelas di hari terakhir
____

Wiyung - Surabaya, 24 Dzulqa'dah 1440 H/26 Juli 2019
~WA

∞∞ ENTRI TERKAIԎ

Tidak ada komentar:

Posting Komentar