Blogger Widgets
..:: Galau?! Hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenang ::..

Minggu, 26 November 2017

Perhatikan 3 Syarat ini Sebelum Menyebar Berita!

Bismillah. Faidah ini kami ambil dari Ustadz Abdurrahman Hadi dan Ustadz Fadlan Fahamsyah saat beliau menyinggung tentang fenomena share share belakangan ini yang kerap kali timbul fitnah setelahnya.

Sebelum kita menshare sebuah berita, wajib kita perhatikan 3 syarat ini:

1. Isi Berita Harus Baik

Konten berita yang akan kita share harus baik. Bukan berita dusta, fitnah, penghinaan, gosip atau semacamnya. Bukan pula berita yang tampak aurat di dalamnya, atau hal-hal yang haram dilihat. Intinya, dzat berita harus baik dan tidak berisi maksiat.

2. Sumber Berita Harus Baik

Sumber berita harus valid. Sebelum kita share berita, jika telah memenuhi syarat 1, kita harus cek lagi sumbernya. Jika setelah kita cek ternyata sumbernya tidak valid, meragukan, atau masih samar-samar maka jangan kita share. Jika pun sumbernya valid dan terpercaya, masih ada satu syarat lagi sebelum kita benar-benar boleh mensharenya.

3. Efek Tersebarnya Berita Harus Baik

Kita harus melihat apa efek atau dampaknya jika berita sampai kepada orang lain. Jika sudah terpenuhi syarat 1 dan 2, kontennya baik dan sumbernya terpercaya, maka berita tersebut harus berdampak baik kepada orang yang menerimanya. Jika berita tersebut isinya sudah baik, sumbernya baik, namun dampaknya nanti tidak baik... Jangan disebar! Stop sampai di anda saja.. 

Alhamdulillah. Nasehat yang sangat bermanfaat untuk kita yang hidup di zaman yang informasi begitu derasnya mengalir, mau dia benar atau tidak, kebanyakan orang-orang tidak peduli. Padahal tiap-tiap yang kita share akan ditanyakan di hadapan Allah nantinya.. 

Semoga Allah menyelematkan kita dari fitnah zaman ini dan memberi keberkahan pada usia kita. Aamiin.
_______

Surabaya, 8 Rabiul Awwal 1439 H/26 November 2017

Akhukum Fillah, 
Irwanuddin

∞∞ ENTRI TERKAIԎ

Tidak ada komentar:

Posting Komentar