Blogger Widgets
..:: Galau?! Hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenang ::..

Rabu, 20 Januari 2016

Situs Tiket Pesawat, Mana yang Paling Murah? (Hasil Survey Pribadi)

Saya ingin berbagi pengalaman, mungkin ada manfaatnya buat antum. Apalagi antum yang berjiwa hemat. Bedakan hemat sama pelit yak? :D

Waktu itu saya hendak membeli tiket untuk pulang kampung. Yah, keinginan pulang kampung itu begitu kuat setelah 3 semester kuliah belum sempat pulang lagi. Akhir tahun 2015 saya membuka beberapa situs web yang menyediakan tiket pesawat. Saya pun memasukkan asal dan tujuan keberangkatan serta tanggal keberangkatan di kolom yang tersedia pada situs-situs tersebut.

Dan akhirnya setelah dicoba dan dicoba, saya menyimpulkan bahwa ada dua situs yang menawarkan harga paling hemat, yaitu Tiket2 dan Traveloka (dibayar berapa ane nyebutin merk? :D). Hal itu berdasarkan harga yang terpampang di hasil pencariannya. Di Tiket2 tiketnya seharga Rp.525.500 dan di Traveloka seharga Rp.529.100. Ini untuk rute Surabaya-Kendari. Sedangkan situs-situs yang lain harganya lebih mahal.

Pada saat pencarian dulu, kalau tidak salah ingat, jadwal keberangkatan dan biayanya untuk tanggal 19 dan 20 sama, Sama-sama Rp.525 ribu di Tiket2 untuk tanggal 19 dan 20 Januari pukul 09.05-12.05. Dan di Traveloka sama-sama Rp.529 ribu untuk tanggal 19 dan 20 Januari pukul 09.05-12.05.

 Tiket2

Traveloka

Tanpa berlama-lama akhirnya saya melanjutkan yang di Tiket2. Saya mengambil yang tanggal 19 Januari dan mengisi formulirnya. Lalu saya dikirimi email. Ternyata harga yang tertera tersebut bukan harga yang sebenarnya, masih ada biaya lain lagi. Sehingga total yang harus dibayar adalah Rp.557.500. Berikut emailnya dari Tiket2.


Akhirnya saya tidak jadi beli dan mencoba di Traveloka. Sambil membuka kembali Traveloka saya juga kembali membuka jadwal ujian akhir. Hanya ingin memastikan bahwa seluruh ujian akhir sudah selesai di tanggal 18 sehingga saya bisa berangkat tanggal 19. Tanpa diduga, setelah mengecek kembali jadwal ternyata masih ada ujian di tanggal 19. Itu artinya saya tidak mungkin berangkat tanggal 19, akhirnya diganti tanggal 20. Karena harga tiketnya sama, ya tidak apa-apa lah.

Akhirnya saya mencari untuk tanggal 20 dan keluarlah harga yang sama (Rp529 ribu) dan jam yang sama (09.05-12.05). Setelah mengisi formulirnya, saya pun mendapat email. Dalam email dari Traveloka tersebut, biaya yang harus dibayarkan adalah Rp.529.018. Lebih murah Rp28 ribu dari Tiket2. Berikut emailnya.


Saya pun sedikit kaget setelah mengetahui perbedaannya. Tanpa berlama-lama akhirnya langsung saja saya ke ATM kampus untuk membayar biaya tersebut. Tidak lama setelah membayar, SMS dan email dari Traveloka langsung masuk yang intinya tiket berhasil di pesan. Berikut emailnya.


Oh. Ternyata disini bedanya Traveloka dengan yang lain. Selain harganya lebih murah, pelayanannya juga sangat cepat dan profesional. 

Jika dihitung selisih antara di Tiket2 tadi dengan yang di Traveloka sekitar Rp28 ribu (Rp.557.500-Rp.529.018). Bahkan antara harga yang harus dibayar lebih murah dari harga yang ditampilkan di awal. Harga di awal tadi Rp.529.100 sementara yang harus dibayar Rp.529.018. Puiye toh Traveloka iki? Ini saja ceritaku, hanya bermaksud sharing-sharing aja. Semoga ada sedikit manfaat buat antum sekalian. Monggo...





Alhamdulillah, sekarang sudah tiba di Kendari. Besok lanjut ke kampung halaman, Lahabaru, Kolaka Utara. ^^

_____

Kendari, 20 Januari 2016
di sore hari perkotaan


∞∞ ENTRI TERKAIԎ

Tidak ada komentar:

Posting Komentar