Blogger Widgets
..:: Galau?! Hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenang ::..

Kamis, 31 Maret 2016

6 Model Pembelajaran dan Sintaksnya

Nah, berikut definisi model pembelajaran dan sintaksnya. Kalau yang kuliah di jurusan Fisika Unesa akan tau nih yang nomor 1-3 dipelajari di mata kuliah Pembelajaran Inovatif I dan nomor 4-6 di Pembelajaran Inovatif II. Sedikit review nya:

1. Pembelajaran Langsung


Definisi: 
Merupakan suatu model mengajar yang dapat membantu siswa mempelajari keterampilan dasar dan memperoleh informasi yang dapat diajarkan tahap demi tahap.
Model pembelajaran langsung dirancang secara khusus untuk mengembangkan belajar siswa tentang pengetahuan DEKLARATIF dan pengetahuan PROSEDURAL.
Contoh pengetahuan deklaratif: konsep tentang massa jenis.
Contoh pengetahuan prosedural: bagaimana caranya untuk menentukan massa jenis suatu zat.

Sintaks:

2. Pembelajaran Kooperatif

Definisi:
Merupakan model pembelajaran yang menekankan belajar dalam kelompok heterogen saling membantu satu sama lain, bekerjasama menyelesaikan masalah dan menyatukan pendapat untuk memperoleh keberhasilan yang optimal baik kelompok maupu individual.

Sintaks:


3. Pembelajaran Konsep

Definisi: 
Merupakan model pengajaran induktif dengan tujuan untuk membantu siswa segala tingkatan umur dalam mempelajari konsep-konsep dan keterampilan berfikir yang analisis dan praktis. Konsep sendiri merupakan suatu abstraksi yang dapat dideskripsikan melalui (berupa) definisi, contoh dan bukan contoh, sifat-sifat atau superordinat, subordinat, dan koordinat yang dihubungkan dengan konsep-konsep lain.

Sintaks:


4. Pembelajaran Berdasarkan Masalah

Definisi: 
Merupakan model pembelajaran yang berusaha menyajikan kepada siswa suatu masalah yang otentik dan bermakna yang dapat memberikan kemudahan kepada siswa untuk melakukan penyelidikan dan inkuiri.

Sintaks: 

5. Pembelajaran Penemuan Terbimbing

Definisi: 
Merupakan model pembelajaran yang dalam pelaksanaannya siswa dibimbing oleh gurunya menemukan prinsip umum materi palajaran. Bentuk bimbingan guru biasanya berupa pertanyaan-pertanyaan yang mengarahkan siswanya menemukan prinsip tersebut.

Sintaks:


6. Pembelajaran Diskusi

Definisi: 
Merupakan suatu cara penguasaan bahan pelajaran melalui tukar pendapat berdasarkan pengetahuan dan pengalaman yang diperoleh masing-masing siswa untuk memecahkan suatu masalah. Supaya diskusi berjalan efektif maka siswa harus mengetahui dengan jelas apa yang akan ditemukan atau apa yang akan dipecahkan bersama sehingga selain siswa menguasai konsep juga terampil berkomunikasi mengemukakan pendapat serta menghargai pendapat orang lain.

Sintaks:



Cukup 6 ini yang dipelajari di Pembelajaran Inovatif I dan II dulu, silahkan dikembangkan dengan metode-metodenya. Maaf banyak kekurangan..

∞∞ ENTRI TERKAIԎ

Tidak ada komentar:

Posting Komentar