Blogger Widgets
..:: Galau?! Hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenang ::..

Selasa, 10 April 2018

4 Tips Meningkatkan Kemampuan Listening

Alhamdulillah.
Semoga bermanfaat,, Tips ini saya rangkum dari sebuah video di Youtube, Crown Academy of English. Saya juga ga tau persis tentang institusi tersebut, sepertinya lembaga kursus. Namun Insya-Allah tips berikut bermanfaat untuk kita:

1. Banyak-banyaklah mendengar dari banyak konten materi dan dari orang yang berbeda. 
   Misalnya dengan,
   a. Aksen yang berbeda: aksen Inggris, aksen Amerika, aksen Australia
   b. Demografi yang berbeda: muda, tua, pria, wanita
   c. Topik yang berbeda: olahraga, politik, sains, agama
   d. Konteks yang berbeda; formal dan informal (sehari-hari)

2. Jangan coba menerjemahkan ke bahasa ibu. 
Jika kita menerjemahkan ke dalam bahasa ibu (bahasa lokal kita), maka kita akan berpikir di dalam bahasa ibu kita. Misalnya ketika kita mendengar kata "floor", pertama kita akan menerjemahkan kata tersebut kemudian membayangkan dalam fikiran kita tentang bentuk bendanya. Ini lebih baik jangan dilakukan. Kurangi hal-hal tersebut, gunakan kamus hanya untuk kata-kata yang memang benar-benar sulit. Ini penting agar kita terbiasa berpikir dalam bahasa Inggris (istilahnya 'thinking english', coba browsing..). Harusnya ketika kita mendengar kata "floor" kita langsung melihat bayangan benda tersebut di dalam pikiran kita.

3. Jangan mencoba memahami dan belajar dari setiap kata.
Belajar satu kosakata (vocabulary) - satu kosakata bukan merupakan tujuan dari listening. Dalam listening penting juga untuk belajar skill yang lain, seperti: pengucapan, intonasi, penekanan, dan ritme. Sehingga lebih kita berkonsentrasi pada ketiga ini daripada tiap kata-nya. Skill ini butuh waktu untuk dilatih, sehingga tetaplah selalu mendengar. Iya mempelajari setiap kata itu penting, tapi tetap konsentrasikan pada beberapa skill tadi. 

4. Lakukan beberapa latihan dengan teman-teman. 
Misalnya setelah mendengar audio atau video, bandingkan jawaban anda dengan jawaban teman. Kemudian putar lagi audio atau videonya untuk melihat siapa yang benar. Ide baik yang lain adalah merangkum apa yang sudah anda dengar. Buat kalimat-kalimat singkat. Lalu diskusikan apa-apa yang mudah dan susah di antara anda dan teman. ((Masalah terbesar datang ketika anda tidak punya teman untuk sama-sama belajar, ya kan?!))

5. Dengarkan materi dengan melihat transkripnya.
Langkahnya adalah dengarkan materi dulu sekali tanpa melihat transkripnya. Coba pahami tanpa transkrip. Lalu, dengarkan lagi dengan melihat transkrip.

Satu tambahan tips lagi, bahkan kata salah seorang pengajar di iCan Course yang saya pernah ikuti, kalau bisa sering-sering mendengarkan dalam bahasa Inggris 3 jam sehari.

Dalam hati mbatin 3 jam sehari hehe.. Intinya sering-sering aja mendengar. Namun hal tersebut juga bisa kita akali dengan menonton video ceramah atau motivasi, dalam bahasa Inggris. Saya beri bocoran speaker yang bagus, misalnya: Mufti Ismail Menk (fasih, recommended), Yusuf Qadhi, Nouman Ali Khan, dan tentunya masih banyak lagi. Mereka-mereka berkapasitas dalam ilmu agama dan bahasa Inggrisnya juga fasih. Jadi Insya-Allah kita bisa mendapatkan manfaat double. Lebih baik kan daripada pakai musik-musik barat, jadinya kita dosa, nanti juga keberkahannya bisa hilang. Wallahu a'lam. 

Kita sama-sama belajar ya tentunya. Tentu tidak ada yang patut disombongkan karena kita ini kerdil, kerdil. Ga punya apa-apa tapi berlagak punya dan tahu segalanya. Justru kesombongan jika kita tidak mau belajar, karena kita diperintahkan untuk belajar... Bener ya? Okelah tetap semangat.

Sekian, semoga hari-hari anda selalu bahagia.. Sebenarnya ini draft lama yg belum dipost-post, sekarang tak post. :)

_____
Surabaya, 25 Rajab 1439 H/10 April 2018
~WA

∞∞ ENTRI TERKAIԎ

Tidak ada komentar:

Posting Komentar