Blogger Widgets
..:: Galau?! Hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenang ::..

Jumat, 07 Oktober 2016

Ketika Tugas Kuliah Bertengkar dengan Kegiatan Dakwah..

Bismillah...
Tugas, presentasi, diskusi, buat powerpoint, laporan, dan seabrek tugas yang lainnya. Ini mungkin sudah sering dialami mahasiswa. Namun, adalagi mahasiswa dengan tipe agak sedikit berbeda; tugas, halaqah angkatan, laporan, kaderisasi dakwah, buat powerpoint, syura' kegiatan, presentasi, dsb.

Siapa yang pernah mengalami demikian? Mungkin mereka yang bergabung dengan rohis, SKI, unit keislaman, organisasi keislaman atau apapun itu yang beraroma keislaman..

Mengapa orang-orang seperti mereka yang terjun dalam dakwah, khususnya di kampus, tidak begitu khawatir dengan kondisi banyaknya tugas yang bertengkar dengan kegiatan dakwah?

Karena mereka mengingat firman Allah 'azza wa jalla dalam surah Muhammad ayat 7,

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِنْ تَنْصُرُوا اللَّهَ يَنْصُرْكُمْ وَيُثَبِّتْ أَقْدَامَكُمْ
"Wahai orang-orang yang beriman, jika kalian menolong agama Allah maka niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu."

Ayat inilah salah satu yang menentramkan hati mereka. Mereka yakin dengan bantuan Allah jika agama Allah dibantu. So, sudahlah.. Alasan dan lagu lama jika ada yang selalu menjadikan ungkapan "banyak tugas" sebagai alasan untuk tidak turut andil dalam dakwah. Bukan hanya di kampus, tapi di manapun. Itu artinya dia belum yakin dengan bantuan Allah kalau kita membantu agamaNya.  

Tulisan ini hanya untuk memotivasi diri saya sendiri, dan semua kader dakwah, khususnya adek-adek saya, bahwa berdakwah jangan takut kehabisan waktu untuk mengerjakan tugas. Tugas kuliah itu bukan penghambat ataupun penghalang untuk berdakwah, melainkan 'teman'. Ia seperti halnya sepasang sendal kiri dan kanan, meskipun berbeda tapi bisa tetap berjalan bersama. Tidak mesti yang kiri meninggalkan yang kanan, atau yang kanan meninggalkan yang kiri. Kuliah dan dakwah bisa berjalan beriringan! Jika tidak berjalan beriringan, berarti ada yang salah dengan diri kita.. Coba crosscheck kembali diri kita, kira-kira dimana yang salah? Mungkin waktu kita yang kurang dimanfaatkan dengan baik. Ahsantum..
___

Ditulis selepas Open Recruitment anggota baru UKKI Unesa.
Surabaya, 7 Muharram 1437 Hijriah/10 Oktober 2016

∞∞ ENTRI TERKAIԎ

Tidak ada komentar:

Posting Komentar