Blogger Widgets
..:: Galau?! Hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenang ::..

Senin, 08 April 2019

Ringkasan Daurah Bekal Ramadhan


MENYAMBUT BULAN RAMADHAN 🕌✨
(Diringkas dari "Daurah Bekal Ramadhan", oleh Ustadz Fadlan Fahamsyah di Masjid Al-Ikhlas Palm Spring - Surabaya, 7 April 2019)

Alhamdulillah bulan puasa sebentar lagi. Apa yang harus kita lakukan?

1. Berdoa sebelum masuk Ramadhan. Bentuk doanya, ada 3:
- Berdoa agar kita dapat memasuki bulan ramadhan,
- Berdoa agar kita diberi kemampuan beramal shaleh di bulan Ramadhan, dan
- Berdoa agar amal ibadah kita setelah itu diterima oleh Allah.

2. Melakukan pemanasan, yakni banyak berpuasa. Nabi shallallahu 'alaihi wasallam banyak berpuasa di bulan Sya'ban.

3. Bertaubat dan memperbanyak istighfar. Dosa yang banyak membuat seseorang berat untuk melakukan amal shaleh.

4. Memantapkan ilmu sebelum Ramadhan. Mempelajari tentang fiqh dan amalan-amalan yang ada di bulan Ramadhan.

5. Menjauhi kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan di bulan Ramadhan. Secara ringkas kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan adalah:

1) Tidak mempelajari hukum-hukum seputar puasa dan Ramadhan. Seseorang yang tidak mempelajari terkait hukum-hukum seputar Ramadhan dikhawatirkan ia  melanggar batasan-batasan ataupun terluput dari amalan-amalan di bulan Ramadhan.

2) Melakukan puasa satu hari atau dua hari sebelum tanggal 1 Ramadhan. Dibolehkan berpuasa sehari atau dua hari sebelum Ramadhan jika sudah rutin puasa sunnah sebelumnya.

3) Mendahului Ramadhan dengan ziarah kubur dan menjadikannya kebiasaan. Di zaman sahabat sudah ada kuburan dan memungkinkan mereka untuk melakukan kebiasaan tersebut namun mereka tidak melakukannya.

4) Menentukan awal Ramadhan dengan selain ru'yah (melihat bulan). Penentuan awal ramadhan yang benar adalah disandarkan dengan melihat bulan sebagaimana dalam beberapa riwayat hadits.

5) Melafazkan niat puasa.

6) Meninggalkan makan sahur secara sengaja.

7) Tidak mengakhirkan sahur. Sunnahnya sahur diakhirkan hingga mendekati adzan.

8) Mengakhirkan waktu berbuka. Sunnahnya menyegerakan berbuka ketika telah masuk waktunya.

9) Meninggalkan doa ketika berbuka. Doa yang dianjurkan ketika memulai buka puasa adalah bacaan "Bismillah" dan setelah berbuka puasa membaca doa:
ذَهَبَ الظَّمَأُ ، وَابْتَلّتِ الْعُرُوْقُ ، وَثَبَتَ الْأَجْرُ ، إِنْ شَاءَ اللَّهُ

10) Meyakini hadits dhaif yang sering beredar: "10 hari awal ramadhan adalah rahmat, 10 hari kedua adalah ampunan, dan 10 hari ketiga adalah dibebaskan dari neraka." Hadits ini juga mungkar. Adapun yang benar adalah seluruh hari-hari bulan Ramadhan adalah hari-hari rahmat, hari-hari ampunan, dan hari-hari pembebasan dari api neraka. Tanpa ada perincian 10 hari 10 hari.

11) Berlebih-lebihan ketika makan sahur dan berbuka. Termasuk juga boros dan membuang-buang makanan.

12) Tidak bisa menjaga lisan dan suka menggibahi orang.

13) Makmum ikut membuka mushaf ketika shalat tarawih. Makmum sebaiknya mendengarkan saja dan melihat ke tempat sujud. Adapun imam dibolehkan membuka mushaf karena ada riwayatnya.

14) Memulai shalawat tarawih dengan ucapan "Ash-shalatu jami'ah". Tidak ada contoh dari nabi atau sahabat.

15) Tidak ikut tarawihnya imam sampai selesai witir, dengan alasan akan shalat malam lagi nanti. Hendaknya ikut sampai imam selesai shalat witir karena ada keutamaan pahala shalat semalam suntuk bagi siapa yang shalat bersama imam sampai selesai.

16) Tidak tuma'ninah ketika shalat tarawih, karena sangat cepat. Shalawat tarawih seperti ini bisa batal, karena tuma'ninah adalah rukun shalat.

17) Membaca shalawat dengan keras di sela-sela tarawih. Tidak ada contoh dari nabi atau sahabat.

18) Membayar zakat fitrah dengan uang. Di masa nabi dan para sahabat sudah ada uang, tapi nabi dan para sahabat tetap membayar zakat fitrah mereka dengan makanan pokok. Boleh membayar zakat dengan uang asalkan amil zakat nanti menukarkan dengan beras lalu membagikannya dalam wujud beras.

19) Hari raya tidak ikut pemerintah. Hendaknya hari raya ikut pemerintah agar seluruh kaum muslimin serentak ber-Idul Fitri. Hari raya merupakan eksperesi ukhuwah dan kebersamaan, hendaknya seluruh muslim secara serentak berbuka. Jangan sampai di suatu negeri ada yang sudah berbuka namun masih ada juga yang masih puasa.

_____

Maaf jika ada kekurangan, share jika bermanfaat...

~Wawan Ahmad

∞∞ ENTRI TERKAIԎ

Tidak ada komentar:

Posting Komentar