Blogger Widgets
..:: Galau?! Hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenang ::..

Kamis, 14 Juli 2016

Manfaatkan "Subscribe" YouTube

YouTube sekarang ini sudah bersaing dengan TV. Dibandingkan TV saya pribadi lebih senang dengan YouTube karena di YouTube kita bisa mencari informasi lama ataupun baru yang kita butuhkan sedangkan di TV kita lebih bersifat "menunggu dan menerima" informasi saja. Just my opinion...

Baik. Di YouTube, sebenarnya kita bisa belajar banyak. Banyak sekali bahkan kalau saya katakan. Asalkan kita bisa memilih channel yang edukatif untuk selanjutnya apa yang kita katakan "Subscribe" atau "Berlangganan". Jadi di YouTube ada banyak channel-channel seperti di TV, dan biasanya channel-channel itu rutin mengupload video. Agar kita tidak ketinggalan satupun video-video terbarunya maka kita harus men-subscribe channel tersebut.

Sistem Subscribe di YouTube persis aturan Follow di Twitter. Di Twitter, status terbaru yang bisa kita lihat di beranda kita adalah orang yang sudah kita follow. Sedangkan di YouTube, video terbaru yang bisa kita lihat di menu subscriptions/langganan kita adalah channel yang sudah kita subscribe. Oke saya kira saudara sudah paham.

Adapun caranya sangat mudah. Ada banyak cara sebenarnya, tak coba jelaskan satu cara saja. Misalnya saya mau mencari dan mempelajari suatu makhluk yang bernama 'fisika'. Saya pun menulis di kotak pencarian YouTube dengan kata "fisika", lalu akan muncul banyak video-video bertema fisika sekaligus channel pengupload videonya. Pada hasil pencarian saya, video teratas yang muncul adalah video dengan judul "Fisika Dasar: Pengertian..............bla" dan channelnya adalah Yufid EDU. Untuk memastikan bahwa suatu channel rutin mengupload video maka buka saja profil channel tersebut. Kemudian saya mengeklik nama channel tersebut seperti pada gambar di bawah..


Setelah itu akan masuk di beranda channel tersebut. Kemudian lihat video-videonya, apakah channel tersebut rutin mengupload video (cek waktu uploadnya).



Channel Yufid EDU ini ternyata tidak hanya pelajaran fisika, tapi juga yang lain seperti matematika, kimia, biologi, bahasa arab, dll. Channel di atas hanya sebagai contoh karena kebetulan juga letaknya ada di daftar hasil pencarian paling pertama. Kalau channel tersebut rutin dan bermanfaat, tekan tombol Subscribe/Berlangganan yang berwarna merah di sebelah kanan atas untuk berlangganan video. Begitupun dengan channel lain, lakukan cara yang sama untuk berlangganan.

Tips memilih channel: kalau suatu channel ternyata tidak rutin atau sudah lama sekali tidak mengupload video, terserah saudara untuk mensubscribenya, tapi saran saya tidak usah disubscribe karena akan menuh-menuhin daftar subscriptions saja. Dan kalau suatu channel tersebut ternyata malah banyak mudharatnya, banyak pelanggaran syariatnya, atau hanya menghabiskan waktu kita tanpa faedah saya sangat menyarankan untuk tidak usah disubscribe (misalnya channel band atau musik -ingat: musik haram dalam islam-, channel film-film tanpa faedah -maaf, tanpa mengurangi rasa hormat saya kepada penggemar anime, dsb-, channel yang selalu membuat adu domba, channel tutorial game -game tidak akan pernah ada ujungnya-, dll). Ingat waktu seorang muslim sangatlah berharga, manfaatkan waktu kita. Bukan berarti saya tidak menonton kartun atau main game loh ya, maksud saya jangan kebanyakan dan menjadi rutinitas. Gunakan fasilitas ini untuk mensubscribe channel-channel pendidikan, kajian-kajian islam (insyaallah akan saya buatkan daftar-daftar channelnya), informasi-informasi terbaru, belajar bahasa inggris, fakta-fakta, penemuan-penemuan dan banyak lagi. Sangat banyak jika saya katakan (insyaallah akan saya buatkan daftarnya juga).

Nah selanjutnya, untuk melihat video-video terbaru dari channel yang sudah kita subscribe, klik menu Subscriptions/Langganan yang ada di sebelah kiri seperti pada gambar.


Semakin banyak channel yang saudara subscribe maka akan semakin banyak variasi video yang ada di menu Subscriptions/Langganan saudara. Terima kasih,itu saja semoga ada manfaatnya. Selanjutnya insyaallah akan saya buat daftar channel-channel rujukan untuk kita sama-sama bisa mengambil banyak faedah di dalamnya..

_____

Kampus Unesa Ketintang, 9 Syawal 1437 Hijriah

*Daftar channel-channel YouTube untuk Kajian Islam klik DISINI. Silahkan disubscribe semuanya. Semoga bermanfaat.

∞∞ ENTRI TERKAIԎ

Tidak ada komentar:

Posting Komentar