Blogger Widgets
..:: Galau?! Hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenang ::..

Jumat, 26 Agustus 2016

Koin yang Tidak Tenggelam

~KOIN YANG TIDAK TENGGELAM~

Jika ada benda yang mengapung di air, orang secara umum mungkin akan berpikir itu terjadi karena massa jenisnya lebih kecil daripada air. Contohnya minyak, kayu, dan plastik.

Namun dapatkah terjadi jika yang mengapung itu adalah benda yang justru massa jenisnya lebih besar daripada air? Ini bisa kita coba dengan sebuah uang koin logam yang diletakkan pada semangkuk air. Dengan meletakkannya secara perlahan-lahan, uang koin dapat mengapung di permukaan air dan tidak tenggelam.

Mengapa terjadi demikian? Inilah yang disebut dengan tegangan permukaan. Setiap molekul air saling tarik menarik dengan molekul air di sebelahnya, baik itu di kiri, kanan, atas, bawah, depan, belakang, pokoknya ke segala penjuru dengan seimbang (resultannya=0). Sementara di permukaan air, si air tidak memiliki teman molekul di atasnya, yang ada hanyalah molekul udara. Kondisi ini menjadikan resultannya tidak lagi seimbang melainkan menuju ke arah bawah. Karena resultan pada seluruh permukaan air menuju ke arah bawah, maka seolah-olah pada permukaan air mengerut ke arah bawah dan menjadikan permukaan air seakan-akan lebih tebal daripada lapisan di bawahnya. Inilah yang menyebabkan pada permukaan air terdapat tegangan permukaan. Tegangan permukaan pada air ini cukup kuat untuk menahan berat uang koin untuk tidak jatuh tenggelam.


Diupload untuk Tugas 1 Mata Kuliah Multimedia mengupload foto, video, dan komentar terkait fisika di Grup KMF.
Sudah malam, selamat beristirahat semuanya.. ^^
_____

Sby, 26/8/2016 11:52pm

∞∞ ENTRI TERKAIԎ

Tidak ada komentar:

Posting Komentar