Blogger Widgets
..:: Galau?! Hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenang ::..

Senin, 12 Juni 2017

Air Minum Kadaluarsa?


Bismillaah.
Pengen sharing-sharing dikit. Benarkah ada air yang kadaluarsa?

Ceritanya beberapa hari yang lalu, ada dari pihak yayasan dari luar kampus yang mengirimkan AMDK (Air Mineral Dalam Kemasan) ke masjid kampus. Kalau tidak salah ada 7 kardus. Isinya air botolan semua. Alhamdulillah.

Namun ternyata setelah dibuka, pada bagian botol tertera tanggal kadaluarsa yang tinggal 1 hari lagi. Itu artinya besok sudah kadaluarsa air tersebut. Teman-teman sendiri ada yang berani meminumnya ada juga yang ragu. 

Besoknya sama, ketika tanggal kadaluarsanya sudah sama dengan tanggal di kalender, ada yang berani meminumnya ada juga yang ragu. Kalau ane sih ya minum aja, kenapa tidak diminum? Wong air kok, masak iya sih ada kadaluarsanya?? Apalagi airnya tidak dibeli. Hehe.. 

Daripada terus dalam keraguan, ane coba telisik aja. Masak sih AMDK ada kadaluarsanya? Air kok expired? Kan lucu.. 

Ane buka google, ke situs berita, blog, kaskus, dan youtube. Akhirnya ketemu kesimpulannya. Adalah...

>> AIR TIDAK KADALUARSA <<

Nah.! Tidak kadaluarsa. Selama tutup botol belum terbuka maka air dalam kemasan botol tidak akan terkontaminasi dengan bakteri dari luar, sehingga tetap aman. Tanggal kadaluarsa yang tertera pada botol hanyalah sebuah formalitas produk. Itu adalah aturan dari pemerintah terkait peredaran produk makanan dan minuman yang harus mencantumkan tanggal kadaluarsa (expiration date) biasanya 1, 2, atau 3 tahun dihitung sejak waktu produksi. Jadi jika airnya masih bening dan masih rasa air (ya iyalah rasa air), diminum aja. Eman wes dikei'i utowo dituku tapi ra diumbi. (Sayang sudah dikasih atau dibeli tapi tidak diminum). :D

Lebih lanjut, sebenarnya yang lebih tepat untuk kadaluarsa adalah botol plastiknya bukan airnya. Karena botol plastik tersebut akan mengalami degradasi (penurunan) kualitas seiring berjalannya waktu. Plastik pada botol kemasan air berjenis PET (polyethylene terephthalate), karakteristiknya memiliki pori-pori yang sangat kecil sehingga bau dari luar dapat terserap melalui pori-pori tersebut. Itulah mungkin sebabnya, rasa air pada air kemasan botol terkadang rasanya agak gimana-gimana gitu.. Kayak tidak ori air lagi. Namun masih tetap aman kok, tenang aja. Ane sudah minum 5 botol lebih dari air itu. Alhamdulillah baik-baik aja, matahari masih terbit dari timur dan terbenam di barat. Hehe..
Yaa, itu aja mungkin. Intinya kalau ada AMDK yang sudah memasuki "EXP DATE"-nyajangan buru-buru langsung dibuang dan divonis "Wah, Air Ini Berbahaya!". Yup, karena air tidak pantas menyandang gelar "Kadaluarsa".

CMIIW. I'm not a doctor, just want to share it..
_______ 
Senin pagi... 
Di Kota Pahlawan, 12 Juni 2017/17 Ramadhan 1438 H

∞∞ ENTRI TERKAIԎ

Tidak ada komentar:

Posting Komentar