Blogger Widgets
..:: Galau?! Hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenang ::..

Senin, 31 Oktober 2016

Oleh-oleh Haji

Alhamdulillah, hari jumat pekan kedua kemarin, MJN (Majelis Jejak Nabi) kembali diadakan. Bertempat di masjid Al-Falah, Surabaya. Berikut sedikit oleh2 dari sana.

Tema kajian pada hari tersebut adalah OLEH-OLEH HAJI, karena memang Ustadz Salim A. Fillah baru saja menunaikan ibadah haji 1438 H. Semoga Allah menjadikan hajinya dan seluruh jamaah haji, mabrur..

Beberapa poin yang sempat saya catat:

Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam pertama kali melakukan umrah pada tahun ke 6 Hijriyah. Nama lain umrah tersebut adalah Umrah Hudaibiyah.

Cara berthawaf orang-orang jahiliyah:
Orang-orang jahiliyah tatkala berthawaf, mereka menggunakan pakaian yang tidak pernah digunakan berdosa sebelumnya. Artinya pakaian yang mereka gunakan haruslah pakaian yang sebelumnya bersih dari dosa atau pakaian tersebut tidak pernah digunakan melakukan perbuatan dosa.

Itulah mengapa banyak orang-orang jahiliyah yang berthawaf dengan tidak menggunakan pakaian, karena mereka tidak punya lagi baju yang tidak pernah dilakukan bersama dosa. Adapun yang perempuan, biasanya thawafnya dilakukan pada malam hari.


_Bersambung insyaallah__
@ Gedung C3 Fisika
29 Muharram 1438 Hijriyah

∞∞ ENTRI TERKAIԎ

Tidak ada komentar:

Posting Komentar