Blogger Widgets
..:: Galau?! Hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenang ::..

Rabu, 02 November 2016

Apa itu Leasing?

Sebuah percakapan di grup:

Saudara A:
Leasing itu apa nggeh?

Saudara B:
Kurang lebih leasing itu seperti gini mas,
misalnya A mau beli motor/mobil lalu ia ke suatu dealer yg memakai sistem leasing (dan sependek yg saya tahu, blm pernah saya temui secara langsung atau tidak, ada dealer yg tidak memakai sistem ini). 

Kembali, jadi misalnya kita mau beli motor secara kredit. Sebenarnya dari pihak dealer itu sudah menggandeng pihak BANK. Harga motornya misalnya 10 juta cash, kalau dikredit 15 juta. Ketika kita membeli secara kredit 15 juta, kita akan membayarnya ke bank gitu kan. Nah BANK ini sebenarnya sudah membayar 10 juta terlebih dahulu ke dealer. Masalahnya apa? Karena: bank ibaratnya membeli dari dealer, kemudian memberinya ke kita dengan mendapatkan keuntungan 5 juta. Akan tetapi tidak ada SERAH TERIMA barang dari dealer ke bank. Langsung dari dealer ke kita. Sedangkan bank ikut bertransaksi dalam transaksi kita. Ini termasuk RIBA.. 

Oleh karenanya kalau kita mau beli motor sebaiknya ditabung dulu uangnya lalu kita beli cash. Kalau mau beli kredit, cari dealer yg tanpa leasing atau orang yg jual motornya secara langsung tanpa bantuan pihak ketiga..

#####

Hal ini sudah merakyat, namun banyak dari masyarakat kita yg belum mengerti. Maka tugas kita memberi pemahaman kepada mereka. Dimulai dari keluarga terdekat dst. Wallahu a'lam..

Ingat ya akhi saking beratnya dosa riba. Riba ada sekian banyak jenisnya, dan riba yang dosanya paling ringan itu ibarat (maaf) berhubungan dengan ibu kandung sendiri.. Inilah dosa riba. Sangat besar akhi. Maka kita perlu belajar, belajar segala jenis riba, jangan sampai kita tidak sengaja masuk ke dalam riba tanpa disadari tanpa diketahui....
____

Kota Surabaya,
2 Muharram 1438 Hijriah

∞∞ ENTRI TERKAIԎ

Tidak ada komentar:

Posting Komentar