Blogger Widgets
..:: Galau?! Hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenang ::..

Jumat, 23 Desember 2016

PKM-GT Lolos: Buah Manis Gagal 3 Tahun

(Bercerita pengalaman..) Dari tahun pertama sampai tahun ketiga kuliah, tidak kurang dari 8 PKM saya pernah terlibat di dalamnya, baik itu PKM 5 Bidang ataupun KT. Dan selama itu pula kegagalan selalu menjadi tuaian. Di tahun keempat ini, saya memutuskan untuk tidak membuat lagi. Karena waktu yang tidak memungkinkan untuk membuatnya. Ada karya yang lebih besar yang harus dibuat. Yap, benar! Skripsi.. 

Ada perasaan sedih saat masa kuliah ini mau "tutup tahun", namun belum ada tanda-tanda prestasi di bidang ke-PKM-an. Namun hari ini, kegagalan-kegalauan selama 3 tahun sejak semester I, seolah sirna. Bagaimana, saya diberitahu oleh dosen pendamping, kalau PKM-GT saya lolos diberi insentif. 

Alhamdulillah berkali-kali ku ucap. Hal tersebut mengobati kegagalan 7 PKM yang lain, yang tidak pernah nongol dalam pengumuman. Hh, ngarep.

Tidak sia-sia, mengetik banyak-banyak selama ini. Haru dan senang bisa lolos dengan karya sendiri. Meskipun tidak lolos PIMNAS, ajang yang sangat saya pribadi idam-idamkan sejak sebelum masuk kuliah. Namun saya bersyukur bisa lolos didanai. Bersaing dengan ratusan perguruan tinggi dan ribuan mahasiswa.

(Terima kasih..) Terima kasih kepada Pak Utama Alan Deta, M.Pd., M.Si. sebagai dosen pembimbing PKM, terima kasih kepada teman-teman saya se-tim. Jujur, saya senang sekali hari ini.. Satu karya ini sebagai obat pemanis, bukan penawar lagi. Tentang PKM-PKM sebelumnya yang selalu gagal. Alhamdulillah.. Kata pepatah, "Kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda". Dibalik kegagalan ada sebuah keberhasilan disana..

Dan terakhir, izinkan ku teriakkan satu kata: "JANGAN PERNAH MENYERAH!" Coba terus sampai peluit panjang berbunyi... Hamasah! Keep spirit! Ganbatte! 
Alhamdulillah 'ala kulli hal.. Semoga memotivasi..
_____

Surabaya, 23 Desember 2016
~A. Irwanuddin
Mahasiswa Fisika Unesa
_____

Ingat, semua atas pertolongan Allah. Biidznillah. Berikhtiar dan berdoa.

∞∞ ENTRI TERKAIԎ

Tidak ada komentar:

Posting Komentar