Blogger Widgets
..:: Galau?! Hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenang ::..

Rabu, 22 Februari 2017

Tanya Jawab: Adakah Bacaan Khusus Setelah Muadzin Membaca "Asyhadu anna Muhammadan Rasulullah"?

PERTANYAAN
Bismillah.
Ustadz, apa yang harus kita jawab ketika adzan pas "Asyhadu anna muhammadan rasuulullaah"? karena sepengetahuan saya ada 3 syarat doa terkabul dan salah satunya, menjawab lafaz "Asyhadu anna muhammadan rasuulullaah". Syukron.
Hilya –Makassar.

JAWABAN
Allaahu a'lam dengan bacaan yang Anda maksudkan, namun sebagian ulama menyebutkan sunatnya membaca bacaan khusus tatkala muazin usai membaca lafal azan "Asyhadu an laa ilaaha illallaah", dan "Asyhadu anna muhammadan Rasulullaah", sebagaimana yang disebutkan dalam HR Muslim (386) dari Sa'ad bin Abi Waqqash radhiyallahu'anhu bahwa Nabi shallallahu'alaihi wasallam bersabda: "Barangsiapa yang mengucapkan bacaan -tatkala mendengar muazin-:

أشهد أن لا إله إلا الله وحده لا شريك له وأن محمدا عبده ورسوله رضيت بالله ربا وبمحمد رسولا وبالإسلام دينا

(Asyhadu an laa ilaaha illallaah wahdahu laa syariika lahu, wa anna Muhammadan 'abduhu wa rasuuluhu, radhiitu billaahi rabban, wa bi muhammdin rasuulan, wa bil-islaami diina); maka dosa-dosanya akan terampuni".

Para ulama tersebut menyatakan bahwa bacaan ini dibaca tatkala muazin usai mengumandangkan dua kalimat syahadat, tepat setelah lafaz "Asyhadu anna muhammadan Rasulullaah". (Lihat: : Al-Majmu' –Imam Nawawi; 2/87-88 , Syarh al-Mumti'- Ibnul-'Utsaimin: 2/86, Liqa' al-Baab al-Maftuuh –Ibnul-'Utsaimin: liqa' 156/26, dan Al-Masaail al-Muhimmah fil-Adzaan wal-Iqaamah- al-Tharifi; 108).

Namun ulama yang lain juga menyebutkan bahwa bacaan ini hendaknya dibaca setelah muazin selesai mengumandangkan azan secara keseluruhan, yakni dibaca beserta doa setelah azan yang biasa dibaca setelah muazin mengucapkan lafal azan terakhir "Laa ilaaha illallaah". (lihat: Tuhfatul-Ahwadzi: 1/529).

Kesimpulannya: Inilah salah satu doa yang diucapkan saat azan, kapan seseorang membacanya tatkala azan baik ketika muazin usai membaca dua kalimat syahadat atau setelah selesai mengumandangkan azan, maka semua tetap disunahkan, insya Allah.

Adapun pernyataan bahwa bacaan tersebut merupakan salah satu dari 3 syarat terkabulnya doa, maka tidak benar, karena tidak adanya dalil yang menunjukkan hal tersebut, hanya saja, siapa yang mengamalkannya tentu telah menambah ketaatan dan ibadah kepada Allah, yang bisa menjadi salah satu penguat untuk mustajabnya doa, bukan syarat mustajabnya, wallaahu a'lam.


✏Dijawab oleh Ustadz Maulana La Eda, Lc. -Hafizhahullah-
(Mahasiswa S2 Jurusan Ilmu Hadits, Universitas Islam Madinah)

Sumber: Grup WA "Belajar Islam Intensif"
www.belajarislamintensif.com

     Gabung Grup BII
     Ketik BII#Nama#L/P#Daerah 
     Kirim via WhatsApp ke: +628113940090

∞∞ ENTRI TERKAIԎ

Tidak ada komentar:

Posting Komentar