Blogger Widgets
..:: Galau?! Hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenang ::..

Kamis, 29 Juni 2017

Bertambah Besar dan Tua

Bertemu dengan teman, sanak saudara dan famili di momen lebaran adalah momen-momen yang membuat hati senang. Terlebih lagi jika lama tidak berjumpa sebelumnya.. hehe.
Dan di momen-momen tersebut, tidak heran jika sering muncul ungkapan-ungkapan ke-terkejut-an. 

"Wii, besarmi ko"
"Gemukmi"
"Kenapako tambah kurus?"
"Cepatnyami mau tamat"
"Tambah tinggimi ko di"
"Kau tinggi sekalimi"
"Semester berapami ko?"
"Kapan selesai?"
"Kapan wisuda pale?"
dll... 
Yaa, dan pertanyaan lucu lainnya yang sejenis.. 

Nah.. Perubahan akan selalu tampak signifikan bila kita tidak melihat prosesnya. Sebagian besar orang selalu tidak melihat bagaimana proses yang terjadi, melainkan hasil apa yang didapatkan.. Kita akan terheran jika melihat orang yang rambutnya sebagian besar sudah putih atau sudah putih semua padahal dulunya masih hitam. Iya tidak? Sebab kita tidak melihat prosesnya, tiap hari memutih sehelai demi sehelai hingga akhirnya memutih semua. Makanya terkadang ada ungkapan orang-orang "Jangan pernah melihat sesuatu dari hasilnya. Lihatlah prosesnya." 

Kalau melihat famili yang sudah beruban seperti ada perasaan lain-lain. Ingat mati. Dulunya masih segar muda, namun sekarang sudah nampak tua. Tapi, inilah proses kehidupan. Kita pun juga nanti akan merasakannya. Nampak kehidupan ini berlalu begitu cepatnya. Dan semua pada akhirnya hanya tinggal sejarah. Maka tidak penting usia yang semakin bertambah, yang lebih penting apakah amal dan bekal kita sudah bertambah? Tidak penting waktu yang sudah terlewatkan, yang lebih penting apakah waktu yang masih ada bisa kita manfaatkan? Dan tidak penting hanya menyaksikan mereka bertambah usianya, yang lebih penting apakah sosok-sosok mereka sudah berada dalam untaian doa-doa kita?

Semoga Allah memberikan kita dan sanak famili kita semuanya akhir kehidupan yang baik, khusnul khatimah. Dan yang sudah meninggal diampuni oleh Allah dan dilapangkan kuburnya. Aamiin.
_______

Kamis sore yang berawan...
Mrs, 5 Syawal 1438 H/29 Juni 2017

∞∞ ENTRI TERKAIԎ

Tidak ada komentar:

Posting Komentar