Blogger Widgets
..:: Galau?! Hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenang ::..

Jumat, 02 Maret 2018

Panduan Hidup di Akhir Zaman

Kita hidup di akhir zaman.. Dalam sebuah hadits, Imam Muslim dan an-Nasa'i meriwayatkan bahwa Rasulullah pernah bersabda, "Sesungguhnya umat ini dijadikannya kebaikannya pada generasi awalnya dan generasi terakhirnya akan ditimpa bala'. "

Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam sangat sayang pada kita, beliau memberikan kita panduan untuk hidup di akhir zaman ini. Secara ringkas ialah:

1. Kita diperintahkan oleh Rasulullah untuk memperbanyak menuntut ilmu agama. Sahabat Abu Darda' pernah mengatakan bahwa ia termasuk dari jihad.

2. Meninggalkan dan menghindari tempat-tempat fitnah. Jangan sengaja kita mendatangi tempat-tempat fitnah.

3. Kembali ke pemahaman sahabat dalam memahami agama. Bahkan perkataan imam 4 madzhab dan imam-imam yang lain, mewajibkan kita untuk menjadikan sahabat sebagai rujukan dalam beragama.

4. Tinggal di rumah (bagi mereka yang dikhawatirkan mendapat fitnah di luar), jaga lisan, amalkan yg sudah diketahui ma'ruf dan tinggalkan yang sudah diketahui mungkar, lebih memikirkan dosa dan kesalahan sendiri daripada dosa dan kesalahan orang lain. Nasihat nabi kepada Abdullah bin 'Amr bin 'Ash. 

5. Jangan mudah menerima dan menyebar berita. Manhaj menerima dan menyebar berita terdapat pada surat Al-Hujurat: 6 (menerima berita) dan menshare berita pada surat An-Nisa: 83 (menshare berita).

°°°
Semoga bisa diamalkan. Sedikit faidah dari ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.
15 Jumadi ats-Tsani 1439 H
~WA

∞∞ ENTRI TERKAIԎ

Tidak ada komentar:

Posting Komentar